Zanshin : Show your respect

Hello guys, berbicara tentang kendo memang tidak ada habisnya, bahkan mungkin beladiri lain juga. Buat kebanyakan praktisi beladiri yang mendalami setiap hobby beladiri mereka, akan banyak nilai2 untuk aplikasi filosofi beladiri yang di jalani dalam kehidupan sehari2. Kendo, adalah salah satu yang sedang aku coba terapkan filosofi2 nya dalam kehidupan dan jika kita bisa merasakan, itu akan bisa berdampak pada kehidupan kita lho.

kendo_small_cartoon

Kendo, tidak hanya sekedar beladiri, tetapi juga ada seni dan filosofi dalam ajarannya. Buat ku beladiri satu ini tak hanya mengajarkan teknik, tetapi juga melatih pembentukan mental diri dan jiwa. Seperti semua artikel ku tentang kendo, aku selalu menggambarkan bahwa kendo adalah beladiri dengan banyak rasa semangat, pantang menyerah, dan hormat. Kendo diawali dan diakhiri dengan hormat, ini terlihat pada gerakan sonkyo. Selain itu, ada juga gerakan zanshin. Gerakan ini dalam tekniknya adalah memutar badan untuk bersiap kembali menerima serangan lawan setelah sebelumnya kita memukulnya terlebih dahulu kemudian melawatinya. Bagi setiap kenshin pemula, gerakan ini wajib dilakukan setelah memukul lawan atau sasaran (motodachi), tak lain hal nya adalah untuk membuat si penyerang (kakarite) siap menghadapi serangan selanjutnya dari lawan. Dalam gerakannya pun saat memutar disarankan tidak membelakangi lawan, maksudnya bukan berarti kita langsung membalik kan badan, tetapi jika setelah kita pukul lawan bergeser ke sebelah kiri, maka kita harus memutar ke sebelah kanan, begitu sebaliknya.

Sekarang dalam filosofinya, zanshin adalah sikap menghargai lawan. Ya, menghargai lawan dengan membalik kan badan kembali setelah memukul. Dalam pengertian ku, hal ini adalah untuk tidak meremehkan lawan. Pada setiap kesempatan berlatih bersama junior ku, aku selalu membalikkan badan tersebut setiap habis memukul mereka. Terkadang sebagai seorang senior, beberapa orang tidak mau melakukan zanshin pada lawan nya yang lebih junior atau tak sehebat skill nya dia, kadang bisa menjadi seorang yang arogan dan sombong bila orang awam melihatnya. Tapi hal itu jangan ditiru, karena juga tidak semua senior paham akan hal itu.

Ok guys, sekian dulu sedikit penjelasan tentang zanshin yang aku tahu, maaf jika penjelasan ini kurang bisa diterima atau ada yang kurang, hehehe… see you 🙂

Penulis: kuma

Yang punya ni e'Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: