What you learn from Kendo ?

Apa yang kamu pelajari dari Kendo ?

Kira2 begitulah arti dari judul postingan kali ini. Kalau yang tanya teman sih, mungkin bakal di jawab slengek an, tapi kalau yang tanya senpai yang kita takuti atau mungkin sensei, harus hati2 jawabnya.

SONY DSC

Jadi, Apa yang aku pelajari dari Kendo ?

Nah, kalau aku yang ditanya seperti ini, apa ya kira2 jawabannya ? ehehehehe…. Buat aku, apa yang aku pelajari dari kendo adalah banyak hal dan itu akan selalu berkembang, tidak berhenti pada satu titik saja. Belajar Kendo adalah pelajaran seumur hidup, jadi buat orang2 beladiri yang benar2 mendalami, akan terlihat bagaimana puluhan tahun bahkan sampai meninggal, mereka tidak akan meninggalkan “jalan” ini. Pada awalnya bergabung dengan kendo, aku sebenarnya bosan dengan olahraga yang itu2 saja, aku ingin mencoba hal baru. Setelah mulai mengenal kendo, mulailah timbul keinginan buat menjadi yang terbaik, atau biasa disebut glory hunter.  Apalagi dibantu dengan latar belakang pernah menjadi atlit amatir, hal ini membuat ku tau bagaimana untuk bisa mendapatkan predikat semacam itu. Dalam perjalanan Glory Hunter itu, terbesit juga keinginan untuk menjadi yang tertinggi dalam tingkatan, mulailah dengan mengejar tingkatan.

Tetapi, apa yang semua kita kejar itu, pasti ada masa nya dan tidak bisa seterusnya begitu. Ada sebuah perkataan dari seorang teman, “Semakin kita menginginkan, semakin sakit rasanya saat kita tidak bisa mendapatkan”. Yah memang benar adanya seperti itu, perjalanan tidak semulus perkiraan dengan bayangan menjadi yang terbaik di dalam olahraga ini. Ingat masih ada langit diatas langit, lebih baik jika merunduk. Hal tersebut sempat membuatku down dan berhenti saja dari olahraga ini. Tetapi jika berpindah olahraga saja demi mengejar kemenangan, itu juga tidak aka nada habisnya, karena pasti ada yang menang da nada yang kalah.

Berjalan dengan waktu, mulailah lebih belajar tentang apa yang sebenarnya aku cari dari Kendo. Kendo mengajarkan kita menjadi orang yang lebih percaya diri. Setiap teriakan saat latihan dan memukul lawan, adalah bentuk sebuah rasa percaya diri. Semakin kencang teriakan kita, semakin kita merasa yakin akan kemampuan kita. Langkah pertama saat menghadapi lawan adalah sebuah keyakinan, jika kamu melangkah mundur, berarti perlu dilihat lagi apakah kamu sudah yakin dengan dirimu ?

Selain itu, jiwa pantang menyerah dalam Kendo, secara tak langsung bisa membuat cara berpikir dan bertindak ku dalam kehidupan se-hari2 pun berubah. Pemikiran pantang menyerah dan melepaskan semua pemikiran negatif sudah mulai menguasai. Mewujudkan sebuah mimpi pun aku juga harus bekerja keras tanpa pantang menyerah. Benar kata sensei, saat kita merasa sudah pada ujung kemampuan atau batas kita, jika melakukan satu kali lagi kita sudah maju satu langkah. Dan sampai sekarang pun dan sampai kapanpun, sepertinya aku akan terus belajar hal itu dalam kendo. Masih banyak hal yang perlu aku pelajari dalam olahraga seumur hidup ini.

So, what you learn from kendo ?

Penulis: kuma

Yang punya ni e'Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s