Kebajikan Bushido 1 : Kesungguhan

Bushido – Kebajikan pertama adalah Kesungguhan ( gi) dalam bahasa Indonesia berarti sungguh-sungguh atau ketulusan. Ini terkait dengan piramida 7 Kebajikan Bushido yang akan kita bahas. Awal dari melakukan sebuah niatan atau tujuan haruslah diawali dengan sebuah kesungguhan atau ketulusan seseorang. Atau bisa diartikan ikhlas menjalani semuanya apapun halangan atau rintangannya. Dan dalam melakukannya perlu juga sebuah keseriusan.

Bushido_gi

Kita mengambil contoh kesungguhan seorang ayah untuk bisa menafkahi anak-anaknya, atau seorang ibu yang bersungguh-sungguh untuk merawat anaknya meski nanti ketika anak-anaknya menjadi dewasa belum tentu akan mengasihinya. Bukan hanya karena menjadi sebuah kewajiban bagaimana seorang ayah atau ibu bersikap kepadanya, tetapi ini dilakukan dengan HATI. Begitu juga dengan kesungguhan yang disebutkan dalam kode pertama dalam Bushido. Mereka yang mau belajar di jalan kesatria ini, selain harus dengan serius juga dengan keikhlasan hatinya.

Bagaimana aplikasinya dalam kendo ?

Entah berapa banyak diantara kita yang saat berlatih kendo bukan dari hati, tetapi karena merasa sebuah kewajiban saja, sehingga datang ke dojo hanya sebagai formalitas. Mungkin karena merasa sudah membayar iuran setiap bulan, jadi daripada sia-sia lebih baik datang latihan saja. Atau karena merasa tidak enak dengan senpai / sensei yang mengajar karena seringnya di chat untuk diajak latian ke dojo.

Ada juga yang datang ke dojo karena ajakan teman, ingin bertemu dengan teman-teman yang nanti saat selesai latihan bisa nongkrong bersama. Jadi latihan kendo hanyalah sebuah sarana untuk bertemu dan tujuan utamanya adalah bertemu, nongkrong, atau ngobrol. Itu bukanlah sikap yang bisa dimasukkan dalam kebajikan Bushido ini.

Kesungguhan yang sebenarnya adalah memang dari awal berangkat ke dojo adalah untuk berlatih. Untuk menyempurnakan apa yang menjadi kelemahan dengan sungguh-sungguh. Menambah porsi latian sendiri diluar dojo yang dilakukan untuk semakin menyempurnakan skill kendo, merupakan sebuah pembuktian akan keseriusan untuk berlatih kendo. Dan aku yakin sebuah kesungguhan ini akan membuat kendo mu menjadi lebih baik. Mengerti akan tujuan utama datang berlatih ke dojo, adalah sebuah langkah awal untuk bisa melakukan 7 kebajikan Bushido.

Applikasinya dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari pun kebajikan ini akan membantumu untuk lebih sungguh-sungguh dalam pekerjaan, atau mungkin mimpi-mimpi mu. Mengerjakan sesuatu dengan serius, cermat, dan tepat akan membuatmu mudah merealisasikannya. Siapa atasan yang tidak suka juga dengan karyawan yang dengan sungguh-sungguh mengerjakan setiap tugas yang dia berikan ? semua atasan pasti merasa senang mempunyai karyawan seperti ini.

Keseriusan dan keikhlasan akan membuat kamu menjadi pribadi yang tekun dan tidak mudah sakit hati atau kecewa karena kamu sudah membuat sesuatu yang kamu ingin kan dengan segala upaya, kehati-hatian, dan keseriusan yang kamu punya. Itulah kebijakan pertama yang bisa kamu dapat dan applikasikan dalam kehidupan kendo bahkan kehidupan sehari-hari mu.

Tunggu pembahasan selanjutnya terkait dengan Bushido ini.

Terimakasih ! 

Penulis: kuma

Yang punya ni e'Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s